Tips Career Switch Agar Sukses Berkarir

Tips Career Switch – Berganti job seringkali bisa menjadi waktu yang sulit dan menegangkan, tetapi beralih sepenuhnya ke industri lain adalah langkah drastis yang harus direnungkan banyak orang sejak lama. Apa pun alasannya, jika tidak lagi merasa melakukan apa yang disukai, mungkin inilah saatnya mengubah karier.

Namun, sebelum berhenti dari pekerjaan, ada baiknya berpikir dengan hati-hati dalam membuat keputusan yang tepat dan persiapkan diri melakukan transisi sehalus mungkin dan tips berikut ini sebagai bahan pertimbangan.

tips career switch

Untuk membantu menyesuaikan diri dengan pekerjaan baru, terdapat beberapa kesalahan dalam career switch berikut ini akan membantu mengidentifikasi dan menghindari jebakan dan tantangan sambil menuai banyak sekali peluang dari karier baru.

Bingung antara pindah kerja dan career switch

Seringkali ada banyak faktor mendorong kita untuk mengambil keputusan penting dalam hidup kita, terutama ketika harus berpindah industri. Tetapi pada titik penting dalam karier, penting untuk menilai dari mana asalnya? Dari keinginan atau tren umum di seluruh industri tempat bekerja saat ini.

Jika waktu di industri saat ini dipenuhi dengan kekecewaan dan kemunduran, dapat dengan mudah membuat pilihan radikal guna mencari peluang lebih baik. Tapi minimal sebagai tips, perlu memastikan bahwa Anda telah membuat pilihan tepat. Bayangkan menahan tekanan tambahan untuk memulai tempat kerja baru di industri baru dengan menyadari masalah yang dihadapi.

Tips menghindari kesalahan:

Tips 1 ;

Tips yang pertama adalah mengklarifikasi apakah yang benar-benar dibutuhkan adalah pekerjaan baru atau karier baru. Career switch adalah solusi bagus bagi mereka yang memiliki masalah yang terkait langsung dengan hal-hal seperti lingkungan kerja, kepemimpinan, kurangnya peluang kemajuan di perusahaan saat ini, gaji rendah, dll.

Tips 2 ;

Jika menyukai job atau tugas yang dilakukan, pindahlah ke tempat baru. Perusahaan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan adalah pilihan tepat dan itu adalah transfer job.

Tips 3 ;

Namun, jika masalah teridentifikasi hingga terkait dengan perasaan monoton,  telah mencapai pertumbuhan dalam industri, atau job yang dilakukan tidak sejalan dengan nilai inti, kemungkinan besar memerlukan perubahan karier. juga melihat peningkatan kualitas karir dan kehidupan.

tips career switch

Langkah-langkah Tips Career Switch

Berikut ini tips untuk menghadapi serangkaian pertanyaan perlu dipertimbangkan untuk membantu menentukan apakah peralihan pekerjaan atau career switch mungkin menjadi jalur terbaik :

1. Tips Career Switch ; Kapan Anda perlu mengubah?

Tidak ada jumlah minggu, bulan, atau tahun yang membuat Anda memenuhi syarat sebagai “siap” untuk melakukan career switch. Namun, waktu dapat memberi wawasan tentang apa yang mendorong keinginan untuk berubah.

Jika telah berfikir melakukan career switch selama berbulan-bulan, kapan mulai merasa tidak puas dengan situasi saat ini? Apa yang membuatmu berpikir tentang itu? Apakah karena mendengar tentang peluang baru dari rekan kerja melakukan career switch?

Atau apakah telah diberi proyek, Anda tidak ingin menjadi bagian darinya? Apakah harus membatalkan janji dengan teman karena banyak hal harus dilakukan?

Jika jawabannya lebih berkaitan dengan budaya tempat kerja (seperti terlalu banyak bekerja atau proyek tidak diminati), itu bisa menjadi tanda agar fokus pada job baru di lingkungan lebih cocok.

Jika jawaban lebih terkait dengan job yang dilakukan (seperti menyadari bahwa Anda tidak menyukai industri tersebut, tidak melihat peluang pada diri sendiri dalam jangka panjang di bidang tersebut, dll) maka kemungkinan besar sudah siap ber- career switch.

tips career switch

2. Kapan perasaan paling kuat tentang career switch?

Pertanyaan ini membantu mengidentifikasi penyebab tidak puas dan stres. Apakah Anda merasa paling mungkin untuk berhenti ketika atasan mengubah prioritas? Career Switch dapat membantu mengatasi stres itu.

Tips career switch selanjunya jika idak ingin bangun dari tempat tidur karena mengkhawatirkan hal-hal yang harus dilakukan hari ini membuat depresi? Mengetahui apakah beban kerja itu unik bagi perusahaan atau umum di industri akan membantu menentukan rute terbaik.

Apakah Anda cemburu saat melihat orang lain sukses berkarir di industri lain yang selalu diimpikan tetapi belum pernah mencoba? Mungkin sudah waktunya mengubah karier dan memulai dari diri sendiri

baca juga ; mengapa perlu jasa seo

3. Perasaan tentang proyek

Pertanyaan ini menunjukkan perbedaan penting. Perbedaan antara pekerjaan sebenarnya yang dilakukan dan job yang disebutkan saat bekerja di perusahaan.

Apakah bosan atau kewalahan dengan job ?

Tips ; Dalam hal ini harus mencari job khusus lain untuk pindah, industri berbeda atau bahkan di perusahaan  yang sama atau perusahaan berbeda tetapi di industri yang sama. Ini masih dianggap sebagai career switch, karena sifat dan lintasan karir akan berubah meskipun berada di organisasi atau industri sama.

Tips career switch jika menemukan bahwa proyek dan keterampilan adalah paling menarik atau memotivasi, maka melakukan career switch ke lingkungan berbeda memungkinkan mengerjakan proyek serupa.mungkin merupakan rute terbaik.

pindah karir

4. Promosi yang sempurna

Anda tidak puas dengan situasi saat ini. Namun, apakah membayangkan promosi atau pekerjaan yang sempurna? Jika demikian sebagai tips, ini dapat membantu membuat keputusan tepat.

Apakah Anda melihat orang-orang di perusahaan atau industri melakukan pekerjaan impian? Itu berarti ada jalan bagi Anda. Career switch melalui promosi di perusahaan atau dengan melamar posisi lebih tinggi di perusahaan lain adalah cara terbaik mewujudkannya.

Apakah Anda bingung tentang seperti apa pekerjaan impian, atau apakahsedang mencari peran yang memungkinkan menggabungkan semua elemen yang disukai? Ada peluang bagus perlu mengubah karier dan melakukan eksplorasi terhadap opsi tersedia.

Tips career switch berikutnya adalah jika menyadari bahwa tidak menginginkan pekerjaan rekan kerja Anda, job bos,  itu pasti pertanda bahwa perlu mencari di luar karir saat ini guna menemukan job lebih cocok.

pindah karir

5. Bidang Anda tidak ada lagi besok

Pertanyaan ini hanyalah backend tambahan. Namun, dengan Covid, kita semua terkejut bahwa banyak hal bisa berubah dalam waktu sesingkat itu. Jika bidang atau industri menghilang, atau menjadi tidak relevan besok, bagaimana reaksi Anda?

Apakah Anda frustrasi ketika tidak lagi melayani pelanggan existing atau menggunakan pengetahuan relevan dengan industri? Jika demikian, sebagai tips career switch mungkin merupakan pilihan terbaik.

Tips ; Jika dunia tidak terguncang, dan terutama jika melihat perubahan sebagai peluang untuk mempelajari hal baru, kemungkinan besar akan memanfaatkannya dengan career switch.

baca juga ; tips yang membantu anda saat career switch

career switch

6. Resume tidak cocok untuk industri baru

Kesalahan yang sulit diterima ketika resume Anda masih sama dengan mantan dalam mencari pekerjaan untuk peran baru. Terutama ketika harus mengubah industri, menyalin dan menempel akan membuat resume kekurangan kata kunci khusus untuk keterampilan dan kompetensi relevan dengan industri baru, berarti dapat disaring lebih awal dalam proses perekrutan.

Tips; Fokuslah untuk menyoroti keterampilan dapat ditransfer dan renungkan pemahaman tentang industri dan perusahaan baru dan bagaimana dapat membawa perspektif baru. Tips Career Switch ini sebagai pengalaman unik akan membantu menonjol dari lapangan.

Tips untuk menghindari kesalahan:

Tips 1 ;

Teliti industri tempat Anda ingin pindah untuk mempelajari tentang perubahan pada resume, tergantung pada job decription.

Tips 2 ;

Identifikasi kata kunci keterampilan yang sering muncul pada deskripsi job baru.

tIPS 3 ;

Pelajari cara membuat resume untuk karier target Anda dan optimalkan melalui konten terperinci.

career switch

7. Keluar dari pekerjaan saat tidak memiliki pekerjaan lain

Sebagian besar dari kita menghindari celah di CV kita karena dapat meninggalkan calon pemberi kerja dengan tanda tanya. Tetapi masalah utama dengan berhenti dari job sebelum pekerjaan berikutnya adalah semakin sulit untuk menegosiasikan gaji dan tunjangan.

Selain itu, kesenjangan dalam proses kerja juga sangat subyektif, sebagian besar profesional SDM berusaha memahami alasan jeda tersebut. Misalnya, harus mengambil cuti untuk mengejar program studi atau merawat orang tua lanjut usia umumnya dianggap sebagai alasan semata. Namun, jeda tanpa alasan akan dikenakan biaya poin.

Tips agar terhindari dari kesalahan:

Tips 1 ;

Pastikan riwayat pekerjaan selengkap mungkin, isi kekosongan dengan mengambil proyek, pekerjaan lepas, dan kursus untuk menunjukkan komitmen terhadap karier.

Tips 2;

Tips career switch berikutnya, cobalah untuk mendapatkan pekerjaan sebelum meninggalkan job saat ini. Dengan begitu, posisi lebih baik untuk menegosiasikan tunjangan, sambil memastikan transisi lebih lancar.

Tips 3 ;

Tergantung pada setiap orang, setiap situasi, profesi, pendapat, pekerjaan saat ini.. kita memiliki alasan untuk mempertahankan job kita saat ini, berganti pekerjaan atau career switch. Jika benar-benar ingin berubah, luangkan waktu untuk mengevaluasi dan memutuskan apa yang perlu dilakukan.

Tips 4 ;

Berkonsultasilah dengan orang terpercaya, keluarga, teman, profesional, dan lainnya, bila memungkinkan. Pikirkan dan pertimbangkan, lalu buatlah keputusan terbaik di hari-hari dan bulan-bulan mendatang. Bagi anda yang ingin melakukan Career Switch, untuk menambah wawasan anda, silakan kunjungi situs Arkademi.com.

Arkademi menyediakan beberapa kelas pelatihan atau kursus antara lain ; Kursus UI UX dan Kursus Akuntansi

Demikianlah artikel tentang ‘tips career switch‘ semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *