Tips Yang Dapat Membantu Anda Saat Career Switch

Apakah Anda tertarik dengan career switch atau pindah karir baru ? Apakah Anda ingin bergabung dengan industri baru? Apakah tempat kerja Anda membuat Anda merasa bosan?

Jika Anda menjawab ya untuk salah satu dari pertanyaan ini (atau semuanya), maka perubahan mungkin yang Anda butuhkan. Ada banyak alasan mengapa orang ingin beralih jalan dalam hidup, tetapi mereka yang membuat rencana ke depan jauh lebih mungkin berhasil dalam pencarian mereka.

Artikel ini membagikan saran, kiat, dan hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Berikut adalah 11 langkah yang perlu Anda ambil:

1. Menjadi Pribadi

Terkadang, perubahan total bukanlah jawaban untuk segalanya. Habiskan waktu untuk benar-benar mencari tahu diri sendiri dan apa yang memicu kebutuhan akan perubahan ini. Apakah itu bos Anda? Apakah Anda berada di lingkungan kerja yang beracun? Sudahkah Anda bekerja di tempat yang sama selama bertahun-tahun? Semua ini adalah faktor penting untuk diidentifikasi, untuk melihat di mana penyesuaian dapat dilakukan. Ini bisa berupa bergabung dengan perusahaan yang lebih inovatif atau menemukan cara yang lebih produktif untuk memerangi toksisitas di tempat kerja. Jika setelah membedakan masalah tempat kerja yang mendasari saat ini Anda masih merasa ingin melakukan career switch, maka artikel ini untuk Anda.

2. Pertimbangkan Pendampingan

Mentoring hanyalah cara paling efektif untuk memulai profesi baru. Pada awalnya, transisi ke karir atau industri baru bisa jadi menantang, menemukan orang untuk terhubung dan keterampilan yang Anda butuhkan bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Bekerja dengan seorang mentor dapat membantu membimbing dan membantu Anda ke arah career switch yang benar, mentor juga dapat mengidentifikasi keterampilan Anda saat ini dan di mana Anda dapat meningkatkannya.

Sangat menguntungkan untuk menemukan seorang mentor di bidang Anda, karena mereka telah berada di posisi Anda dan memiliki pengalaman yang dibutuhkan untuk memberi Anda nasihat yang paling berguna untuk menjadi sukses. Mentor juga memiliki koneksi yang relevan di lapangan, Anda mendukung rute Anda. Meskipun menemukan mentor yang tepat tampak seperti tugas yang sulit, PushFar adalah platform gratis dan mudah digunakan dengan lebih dari 50.000+ anggota, menemukan mentor yang sempurna tidak pernah semudah ini.

3. Dapatkan Belajar

Pelajari apa yang Anda pikir Anda butuhkan, lalu pelajari lagi. Untuk transisi yang mulus dan sukses, Anda perlu memastikan bahwa Anda tahu sebanyak mungkin sebelum terjun. Ingat, lebih baik mengetahui terlalu banyak daripada tidak cukup. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang peran dan industri ini melalui Google, teman tepercaya kami, terhubung dengan orang-orang di lapangan atau menjadi orang tua dan membaca buku.

4. Petakan Ide

Sebelum membuat keputusan apa pun, pastikan untuk mendidik diri sendiri tentang pilihan Anda. Pastikan untuk meneliti dan mempelajari lebih lanjut tentang karir atau industri yang ingin Anda ikuti, dengan mempertimbangkan keterampilan Anda saat ini, nilai-nilai inti, dan jalur apa yang paling cocok untuk Anda. Petakan semua ide yang Anda miliki dan lihat rute mana yang paling menarik bagi Anda. Jika Anda masih berjuang untuk memutuskan jalur mana yang paling cocok, bicaralah dengan profesional lain di lapangan, seorang mentor atau teman dan keluarga.

5. Pertimbangkan Keuangan Anda

Mengubah jalur karir atau career switch dengan industri baru mungkin berarti Anda perlu melakukan pemotongan gaji, atau bagi sebagian orang bisa berarti kenaikan gaji. Meskipun keuangan seharusnya tidak menghalangi kita untuk bahagia, kita semua memiliki tagihan yang harus dibayar. Saat bertanya, cari gaji untuk peran tersebut dan lihat apakah ini sesuai dengan gaya hidup Anda. Anda memastikan Anda secara finansial dibutuhkan untuk memulai dari bawah, memodifikasi pengeluaran Anda untuk memastikan transisi yang mulus.

6. Meneliti Daftar Pekerjaan

Setelah Anda memutuskan rute mana yang ingin Anda ambil, penelitian yang lebih ekstensif dapat dilakukan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang diharapkan dari Anda dalam peran dan keterampilan yang Anda butuhkan, kunjungi situs web daftar pekerjaan favorit Anda dan mulailah meninjau daftar yang sesuai. Anda dapat menemukan organisasi yang relevan di wilayah Anda untuk mulai terlibat dan terhubung dengan mereka di platform media sosial. Menyelidiki peran dan industri memberi Anda pemahaman yang lebih baik, memungkinkan Anda untuk merencanakan masa depan secara strategis.

7. Jaringan

Apakah Anda mengubah jalur karir career switch atau pindah ke industri baru, prosesnya bisa terasa menakutkan dan sering kali terisolasi. Manfaatkan koneksi Anda saat ini dengan menjangkau dan meminta mereka untuk berbagi saran. Menjangkau kontak yang sudah Anda miliki adalah cara yang bagus untuk memulai, mereka bahkan mungkin dapat menyampaikan kabar baik tentang Anda. Sangat penting untuk menemukan seseorang yang dapat dipercaya selama ini, memberi Anda ruang aman untuk mengungkapkan kekhawatiran yang mungkin Anda miliki tanpa penilaian. Penting juga untuk terhubung dengan profesional lain di bidang tersebut seperti mentor atau melalui LinkedIn, kebanyakan orang akan bersedia membantu Anda sepanjang perjalanan Anda. Cara terbaik untuk mengetahui tentang jalur karir atau industri adalah dengan belajar dari orang-orang yang sudah memiliki pengalaman.

8. Uji peran

Sebelum beralih, pertimbangkan untuk mencoba peran tersebut. Untuk memastikan pekerjaan itu tepat untuk Anda, ada banyak pendekatan yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan pengalaman dan menjadikannya milik Anda.

baca juga ; tips career switch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *