5 Keuntungan Investasi Reksadana Syariah dan Cara Mudah Bagi Pemula

Investasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang keuntungan investasi reksadana, kita bahas terlebih dahulu  tentang apa sih pengertian dari investasi?

Investasi adalah aktivas untuk melakukan penanaman modal atau uang dengan tujuan memperoleh keuntungan. Investor merupakan sebutan bagi orang yang melakukan investasi. Menurut OJK, investasi merupakan kegiatan penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang, digunakan untuk pembelian saham atau surat berharga negara lainnya dalam memperoleh keuntungan.

Belakangan ini, Investasi merupakan hal umum yang sering dibicarakan. Salah satu jenis investasi yang praktis dan banyak digunakan oleh anak muda adalah investasi reksadana. Merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana bersama para investor untuk diinvestasikan dalam sebuah portofolio manajer investasi.

Saat ini, banyak sekuritas online yang menawarkan dan menyediakan kemudahan untuk berinvestasi. Banyak pilihan yang bisa kalian pilih saat ingin berinvestasi, seperti investasi syariah dan konvensional. Bagi kalian yang ingin berinvestasi secara aman dan terhindar dari riba, investasi reksa dana syariah merupakan pilihan yang tepat.

Secara umum, cara keja antara investasi reksa dana syariah sama dengan reksa dana konvesional. Perbedaan dasar antara keduanya adalah dimana penempatan portofolio, untuk investasi syariah tidak melanggar ketentuan syariat islam dan mengandung riba. Diantaranya, reksadana syariah tidak meletakkan portofolionya pada perusahaan alkohol.

Pengelolaan yang dilakukan juga memegang prinsip mudharabah, yaitu keuntungannya adalah bagi hasil. Dengan sistem dan ketentuan yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak.  Berikut merupakan keuntungan investasi reksadana syariah :

  1. Hemat Waktu

Hal ini cocok bagi kalian yang tidak memiliki banyak waktu luang atau sibuk. Karena selain memudahkan untuk tidak perlu menghitung risiko investasi, hal ini juga menjadi pilihan bagi pemula atau pelajar, karena tidak membutuhkan modal yang besar.

  1. Dipastikan Halalnya

Adanya jaminan halal sampai akhir transaksi. Dan apabila manajer investasi terpaksa melakukan transaksi non halal, maka akan dilakukan proses cleansing. Merupakan pembersihan dana investasi melalui kegiatan amal, dan pelaksanaan wajib diketahui oleh manajer investasi dan investor.

  1. Banyak Pilihan Produk Investasi Reksa Dana Syariah

Reksa dana syariah memiliki jenis yang lebih banyak dibandingkan oleh konvensional, salah satunya seperti reksa dana campuran dan reksa dana saham.

  1. Mempunyai Prospek Market Cap Bagus

Market cap (market capitalization) adalah potensi efek untuk meningkatkan nilai jual dan mengembalikan hasil investasi. Karena banyaknya jenis, manajer investasi akan lebih leluasa untuk menaruh dana investasi saham dimanapun (jangka pendek atau panjang). Sehingga keuntungan akan jauh lebih besar.

  1. Kinerja Lebih Stabil

Selain mempengaruhi market cap, banyaknya instrumen reksa dana syariah juga memiliki efek yang positif di kinerja bursa efek. Terbukti mempunyai nilai pertumbuhan dan laba lebih stabil.

Cara Mudah Investasi Reksadana Syariah Bagi Pemula

  1. Siapkan Dokumen Buka Rekening

Hal pertama yang harus disiapkan untuk investasi reksadana syariah adalah menyiapkan dokumen pribadi, diantaranya seperti KTP/SIM/NPWP untuk keperluan membuka rekening.

  1. Pilih Manajer Investasi

Menyeleksi manajer investasi dan Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) terpercaya. Tetapi saat ini, banyak bank di Indonesia yang menyediakan APERD sendiri. Jadi anda bisa mengonsultasikan terlebih dahulu dengan bank kepercayaan masing-masing.

  1. Cari Daftar Syariah di OJK

Hal ini penting dilakukan, karena kita harus menyeleksi perusahaan mana yang terdaftar syariah di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan sebelum menandatangani akad pastikan untuk mengetahui manajaer investasi meletakkan reksadaana, dan terdaftar di OJK.

  1. Akad Manajer Investasi

Setelah menyepakati keuntungan dengan manajer investasi, melakukan akad dua kali yaitu wakalah dan mudarabah. Dan ditandatangani diatas kertas, serta ada kesepakatan diantara kedua belah pihak.

  1. Pembelian Reksadana Syariah

Selanjutnya, kalian sudah bisa melakukan pembelian reksadana syariah. Kalian bisa melakukan pembelian sendiri atau meminta bantuan manajer investasi untuk melakukannya.

  1. Monitor Perkembangan Reksadana

Terakhir, kalian bisa memantau perkembangan reksadana yang kalian milki. Dan jika ingin menambah jumlah investasi, kalian hanya perlu top up melalui rekening bank kalian dan pilih dimana kalian ingin menaruh pendanaan tersebut.

Nah, berikut merupakan keuntungan berinvestasi reksadana syariah bagi kalian yang ingin mencoba investasi halal dengan modal yang kecil. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website Reksa Dana Manulife

Leave a Reply

Your email address will not be published.