Ayo, Cicipi Makanan Khas Bontang yang Lezat Ini!

makanan khas bontang

Apabila berbicara soal makanan daerah maka Indonesia adalah rajanya. Indonesia menyimpan banyak sekali makanan khas yang sangat unik serta lezat. Tempat di Indonesia yang mempunyai makanan dengan rasa unik adalah Bontang, Kalimantan Timur. Jika sedang berkunjung kesana bisa membeli rekomendasi makanan khas Bontang berikut. Mari lihat terdapat daftar makanan apa saja:

1. Amplang Ikan

Daerah Bontang memang terkenal dengan lautnya yang sangat luas dan banyak sekali penangkapan ikan laut. Tak heran, jika makanan khas satu ini pasti masuk daftar paling direkomendasikan. Makanan khas Bontang tersebut adalah amplang ikan yaitu sebuah makanan berbahan dasar ikan tenggiri.

Bentuk dari makanan tersebut memang seperti kerupuk, dengan rasanya yang gurih serta rasa ikan yang sangat melekat. Makanan ini cocok sekali dijadikan oleh-oleh jika sedang berkunjung ke Bontang. Dijamin tidak akan kecewa dan pasti akan rugi jika hanya membeli satu bungkus saja.

2. Nasi Bekepor

Apabila sedang datang ke Bontang wajib sekali mencicipi olahan makanan yang satu ini. Jika tidak pasti rasanya seperti tidak ke Bontang, makanan tersebut yaitu nasi bekepor. Makanan berat khas Bontang tersebut memang sering disajikan di daerah tersebut. Terdapat perpaduan yang khas sehingga banyak yang menyukainya.

Nasi bekepor ini mempunyai sebuah perpaduan yang unik yaitu berupa nasi, ikan air tawar, sayur asem, dan tambahan ubi manis. Yap, tidak salah yaitu terdapat ubi manis yang menambah cita rasa lezat dari makanan ini. Untuk yang belum pernah merasakan pasti merasa aneh, tetapi jika sudah pernah coba maka ingin terus mencobanya.

3. Sambal Gami

Di Indonesia memang tidak lengkap rasanya jika makan sesuatu tidak memakai sambal. Apabila ingin menemukan rasa baru dalam sebuah sambal bisa mencoba sambal khas dari Bontang ini. Sambal tersebut sering disebut dengan sambal gami, yaitu sambal yang diberi sentuhan dengan menggunakan ikan bawis.

Perpaduan yang sangat cocok sekali antara sambal dan ikan khas Bontang yang sangat menggiurkan. Cara membuatnya juga sangat mudah serta simple sekali dan tidak memerlukan teknik memasak yang khusus. Sangat nikmat sekali disajikan bersama dengan nasi hangat dan juga kerupuk. Siapapun pasti akan ketagihan oleh sambal gami satu ini.

4. Lempok Durian

Selain terkenal dengan olahan ikannya yang menggiurkan lidah. Bontang juga sering mengolah makanan dari buah durian. Tidak hanya dipanen dan dimakan seperti itu saja, namun kemudian diolah menjadi makanan khas yang sangat lezat. Salah satu olahan durian dari daerah ini yaitu lempok durian.

Makanan tersebut merupakan sebuah olahan durian yang bentuknya mirip dodol. Namun, jika dodol menggunakan campuran tepung di dalamnya. Lain halnya dengan lempok durian ini, pasalnya makanan ini tidak memiliki kandungan tepung sedikit pun. Jadi, aroma serta rasa khas durian masih sangat melekat pada lempok durian ini.

5. Gula Gait

Rekomendasi makanan dari Bontang yang perlu dicoba adalah gula gait. Makanan tersebut bentuknya menyerupai kayu. Namun, sebenarnya gula gait adalah permen khas Bontang yang sudah ada sejak dahulu. Pasti akan rugi sekali jika ke Bontang tetapi tidak membeli permen satu ini.

Untuk bahan dasar dari gula gait yaitu berupa gula aren yang kemudian dibentuk menjadi sebuah permen yang manis. Pada sekarang ini akhirnya dikombinasikan dengan bahan lain seperti kacang serta wijen. Cocok sekali dipadukan dengan kopi serta teh hangat, akan membuat rasa dari permen ini lumer di mulut.

Itulah beberapa makanan khas Bontang yang perlu dicicipi saat ke daerah tersebut. Pengunjung bisa mencicipi makanan berat daerah khas sana atau bisa juga membeli oleh-oleh khasnya. Dijamin pasti tidak akan menyesal dan tentunya rasanya akan selalu melekat di hati.

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan karena sering mencicipi masakan pedas atau sejenisnya, bisa mengonsumsi Mosehat, jamu tetes herbal alami yang ampuh!

 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.