Rekomendasi Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah Wajib Dicoba

makanan khas kebumen jawa tengah

Mencicipi suatu kuliner di daerah tentu menjadi hal menarik dilakukan. Mengingat, setiap daerah Indonesia, mempunyai makanan khasnya. Hal ini, tidak terkecuali dengan daerah Kebumen yang terdapat makanan khas yang patut dicoba. Berbagai hidangan sangatlah menggugah selera. Mau tahu apa saja makanan khas Kebumen Jawa Tengah? Simak makanan khas berikut ini:

1. Yutuk Goreng

Makanan khas Kebumen yang pertama ada Yutuk goreng. Nama Yutuk sendiri mungkin sangat tidak familiar di telinga. Tetapi, sebenarnya Yutuk merupakan hewan laut yang dapat dijumpai pada pesisir pantai. Dimana, yang diketahui bahwa daerah Kebumen memiliki pantai, terkhusus pada daerah pantai Petanahan.

Hewan Yutuk ini memiliki gambaran seperti undur-undur, tetapi terdapat cangkang yang menyelimuti tubuhnya. Biasanya Yutuk dimasak atau diolah menjadi cemilan seperti Bakwan, peyek atau lainnya. Tidak hanya itu, yutuk ini kerap kali digoreng, kemudian dinikmati sebagai lauk yang sedap.

Untuk mendapatkan sensasi yang lebih otentik, akan lebih baik mengunjungi daerah Petanahan. Disana, pengunjung dapat menikmati Yutuk goreng. Tentunya  hal ini menjadi sensasi pengalaman yang unik.

2. Sagon Kelapa

Berikutnya, makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang patut dicoba adalah Sagon kelapa. Makanan yang satu ini, sebenarnya telah ada dari dulu. Bahkan dari tahun ke tahun sagon kelapa menjadi cemilan favorit yang diminati para wisatawan. Sagon kelapa memiliki dua bahan utama yakni kelapa dengan tepung ketan.

Untuk pengolahannya terbilang unik, sebab dengan cara dipanggang perlahan. Sagon kelapa akan sangat nikmat, jika disajikan dengan segelas kopi maupun teh. Cemilan ini, juga nikmati dihidangkan ketika pagi atau sore. Untuk menemukan cemilan sagon kelapa ini, tidaklah sulit ditemukan daerah Kebumen.

3. Soto Tamanwinangun

Kuliner soto menjadi hal umum bahwa setiap pulau Jawa, memiliki jenis soto tersendiri. Hal ini pun berlaku pada daerah Kebumen. Dimana, disana terdapat soto khasnya yang bernama soto Tamanwinangun. Makanan berkuah satu ini, telah menjadi makanan favorit dan cukup terkenal. Sebab, dalam soto Tamanwinangun ini terdapat keunikannya ketimabang jenis soto lainnya.

Sebab, biasanya soto akan didalamnya terdapat daging ayam atau sapi, tetapi lain halnya pada soto Tamanwinangun yang menggunakan daging itik. Tentu, memiliki cita rasa unik dan tekstur yang empuk, sebab itik sendiri mempunyai serat empuk. Apalagi, dengan kuah santan kental yang menambah gurih. Untuk memakan  soto ini, bisa dengan ketupat ataupun nasi hangat. 

4. Nasi Penggel

Ada juga kuliner Nasi Penggel yang menjadi makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang patut dicoba. Kuliner yang satu ini recommended yang bisa dimakan untuk sarapan, makan siang maupun malam. Di dalam nasi penggel, disajikan berbagai olahan seperti jeroan, tetelan, kikil, sayur lodeh dan lainnya.

Tetapi, ada hal yang tidak bisa ketinggalan adalah adanya olahan sayur Nangka. Semakin nikmat lagi, karena nasi yang dihidangkan pada nasi penggel sangatlah gurih dengan resep rahasianya. Nasi penggel disajikan dengan bungkus daun pisang pincuk yang membuat semakin terasa aroma lezatnya. Untuk itu, jika mengunjungi Kebumen jangan sampai ketinggalan menikmati nasi penggel ini.

5. Lanting

Terakhir, kuliner dari Kebumen yang wajib dicoba ada cemilan bernama lanting. Cemilan yang satu ini berasal dari bahan utama yakni Ketela atau Singkong yang diolah sedemikian rupa hingga membentuk seperti lingkaran. Cita rasa dari lanting sangatlah gurih dengan tekstur yang renyah. Tidak hanya untuk cemilan saja, lanting juga bisa dinikmati sebagai pendamping lauk.

Itulah tadi beberapa kuliner makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang patut dicoba. Selain kuliner diatas, sebenarnya masih banyak lagi kuliner khas Kebumen yang tidak kalah enak. Untuk itu, ketika mengunjungi Kebumen jangan sampai terlewat makanan khasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.