Wisata  

Inilah 5 Obyek Wisata KarangAsem Bali yang Menarik

obyek wisata karangasem

Bali merupakan daerah yang memiliki banyak tempat dan obyek wisata yang menarik banyak pengunjung baik lokal maupun asing. Salah satu daerah di Bali yang banyak menjadi destinasi wisata adalah Karangasem. Hampir seluruh kabupaten dan kota di Karangasem memiliki tempat unik tersendiri. Simak ulasan berikut tentang 5 obyek wisata Karangasem yang menarik untuk dikunjungi:

1. Wisata Puri Agung Karangasem

Tempat pertama yang menjadi rekomendasi obyek wisata Karangasem adalah Puri Agung Karangasem. Dibangun oleh Anak Agung Gede Jelantik , beliau adalah Raja Karangasem I, Puri Agung Karangasem ini sudah ada sejak abad 19. 

Gaya arsitektur dari puri ini merupakan kombinasi dari model bangunan khas Bali, Eropa, dan China. Bangunan yang sudah tua membuat nilai estetik semakin terasa. Terdapat tiga area di Puri Agung Karangasem yang dapat dikunjungi yakni becingah (bagian depan), jaba tengah (bagian tengah), dan maskerdam (bagian dalam). 

Bagian depan sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni tradisional. Sedangkan bagian dalam merupakan tempat kediaman raja pada saat itu.

2. Taman Soekasada Ujung

Tempat wisata taman Soekasada Ujung ini sudah dibangun sejak tahun 1909. Taman ini menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terdapat banyak bangunan besar bergaya Eropa-Bali dan taman air yang cukup besar. 

Pengunjung dapat beristirahat di bangunan pendopo yang berada di taman tersebut. Banyak spot foto bersejarah yang bagus untuk pengunjung.

3. Samsara Living Museum

Terletak di Desa Jungutan, tempat ini dapat dibilang sebagai museum hidup. Ketika pengunjung datang ke tempat tersebut akan terlihat aktivitas religi masyarakat sekitar seperti upacara agama, alat upakara, dan tanaman upacara. Dikarenakan budaya adat dan aktivitas religi khas Bali yang masih kental, untuk itu tempat tersebut dikenal dengan sebutan museum hidup.

Aktivitas lain yang dapat dilihat pengunjung ketika datang adalah aktivitas masyarakat yang menyanyi, melukis, dan membuat arak. Terdapat banyak seni dan pertunjukan yang dapat menghibur pengunjung. Salah satu pertunjukan yang sering ditampilkan adalah genjek. Pertunjukan ini dilakukan oleh banyak laki-laki yang duduk bersila dan melingkar dengan didominasi suara mulut tertentu serta gerakan tangan.

4. Museum Lontar

Masih seputar museum, kali ini terdapat museum Lontar yang terletak di Desa Adat Dukuh Penaban. Museum ini banyak menyimpan catatan-catatan kuno yang pada zaman dahulu ditulis di atas daun lontar kering. Catatan tersebut membahas seputar kematian masyarakat saat itu, bagaimana mengurus tanaman, ritual, dan keseharian.

Melihat keunikan informasi tersebut, pemerintah sudah melakukan pengembangan pada tahun 2020 dengan mengumpulkan catatan tersebut ke dalam koleksi digital. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga dan menyimpan transkrip atau naskah dari catatan lontar tersebut. Selain itu juga agar dapat memudahkan para wisatawan yang ingin mengakses penjelasan catatan tersebut.

5. Taman Tirta Gangga

Memiliki lahan seluas 1,2 hektar taman Tirta Gangga ini menawarkan banyak pemandangan yang indah. Di bagian tengah taman terdapat kolam dengan pijakan kaki sehingga dapat dilintasi oleh pengunjung. Terdapat beberapa patung yang tersebar di sekitar taman Tirta Gangga. Banyak spot foto yang bagus bagi pengunjung ditemani dengan ikan-ikan yang cukup banyak di dalam kolam.

Demikian penjelasan mengenai 5 obyek wisata Karangasem yang dapat dikunjungi. Tentu masih banyak obyek wisata favorit lainnya. Nuansa budaya Bali yang khas dengan adat dan pedesaan yang masih terjaga tentu menjadikan banyak daerah di Bali khususnya Karangasem sebagai obyek wisata. Selain tempat wisata yang menarik, terdapat juga kuliner yang sangat unik untuk ditemukan di Karangasem.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.