Wajib Coba Oleh Oleh Makanan Khas Tasikmalaya Yang Populer

oleh oleh makanan khas tasikmalaya

Oleh – oleh khas daerah tertentu menjadi hal yang wajib dibawa dan dicoba saat pergi ke daerah tersebut. Salah satu daerah dengan keberagaman oleh – oleh khasnya yakni Tasikmalaya, selain tempat wisata yang menarik terdapat juga oleh oleh makanan khas Tasikmalaya. Sehingga rasanya oleh – oleh menjadi wajib dibawa setelah mengunjungi Tasikmalaya.

Sekarang sudah mudah ditemui berbagai pusat oleh – oleh di Tasikmalaya, tentunya tidak perlu bingunG dan repot untuk membeli oleh – oleh. Macam dari oleh – oleh yang tersedia sekarang pun juga beragam dan banyak pilihan pula. Simak uraian berikut tentang oleh – oleh tasikmalaya yang wajib dibeli.

1. Kue Aci

Oleh – oleh khas yang satu ini dibuat dari bahan tepung tapioka dengan campuran mentega. Kue ini cocok untuk penyuka makanan yang tidak terlalu berat atau ringan. Rasa dari kue ini juga gurih dan manis. Sehingga apabila mengunjungi daerah Tasikmalaya maka wajib mencoba kue aci untuk dibawa pulang.

Harga yang ditawarkan untuk sebungkus kue aci juga tergolong murah, hanya butuh 20 ribu per bungkus saja sudah bisa menikmati kelezatan kue aci. Khas dari kue aci yang dibuat dengan campuran bahan sederhana seperti tepung, mentega dan gula akan menambah kelezatannya. Sehingga menjadi sangat diminati di kalangan wisatawan.

2. Ladu

Makanan yang satu ini masuk daftar oleh oleh makanan khas Tasikmalaya yang wajib dibawa untuk buah tangan saudara dirumah. Makanan khas ini bentuknya seperti dodol dalam daerah jawa. Bagi yang suka tekstur dari dodol pastinya akan menyukai makanan ladu ini karena rasa dan bentuknya juga yang hampir mirip.

Dahulu ladu hanya diproduksi saat perayaan hari besar lebaran saja, tetapi sekarang karena perkembangan zaman ladu sudah diproduksi di hari biasa. Harga makanan ladu ini juga murah dengan cita rasa yang enak dan manis. Cocok digunakan sebagai oleh – oleh sanak saudara di kampung halaman.

3. Kalua Jeruk

Bahan makanan khas tasikmalaya yang satu ini memang sangat inovatif yakni berasal dari kulit buah jeruk. Bagi sebagian orang kulit jeruk memang tidak dibutuhkan, tetapi di daerah Tasikmalaya kulit jeruk bisa berguna sebagai bahan makanan. Sehingga bagi yang penasaran seperti apa rasa dari kalua jeruk ini bisa untuk mencoba saat mengunjungi daerah Tasikmalaya.

Kalua jeruk ini bentuknya seperti permen dalam bentuk kotak dadu berwarna orange. Cocok untuk oleh – oleh anak yang menyukai permen, tapi tetap menyehatkan. Sehingga kalua jeruk bisa masuk list dari oleh oleh makanan khas Tasikmalaya yang bisa dicoba nantinya.

4. Kolontong

Makanan ini berasal dari tepung ketan yang memiliki cita rasa enak dan gurih. Kolontong berbentuk lonjong dan kecil kecil berwarna merah seperti gula aren. Cita rasa kolontong ini populer dan dan terkenal lezat di Tasikmalaya.

Sehingga wajib bagi pelancong maupun wisatawan membawa oleh – oleh kolontong untuk keluarga dirumah. Harga yang murah juga menjadi hal yang banyak diminati wisatawan. Tunggu apalagi makanan ini recomended bagi yang dating ke Tasikmalaya.

5. Rengginan

Pastinya tidak asing dengan nama makanan ini, karena setiap daerah juga punya jenis makanan rengginan. Akan tetapi perlu diketahui cita rasa yang diberikan rengginang khas tasikmalaya ini berbeda dengan rengginan daerah lain. Sehingga rengginan menjadi salah satu makanan khas Tasikmalaya yang tidak boleh ketinggalan.

Harga yang dibandrol dalam setiap bungkus sebesar Rp25.000 yang tergolong murah sekali. Dengan harga tersebut bisa dinikmati semua keluarga saat santai dirumah. Sehingga makanan ini bisa menjadi pelengkap saat santai maupun makan dirumah Bersama keluarga.

Demikian uraian terkait dengan oleh – oleh makanan khas Tasikmalaya yang bisa dicoba saat mengunjungi daerah Tasikmalaya. Sehingga bisa menjadi referensi bagi yang bingung ingin membeli oleh oleh makanan khas Tasikmalaya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *