Permainan Asah Otak yang Bikin Nostalgia dengan Solitaire

  • Share
Permainan Asah Otak Solitaire
Permainan Asah Otak Solitaire

Industri game saat ini semakin berkembang. Ada banyak game menarik yang selalu rilis di pasaran dan asik untuk dimainkan. Baik dimainkan sendiri maupun bersama teman. Namun dengan banyaknya pilihan game yang ada, membuat banyak dari kita yang merindukan game-game lawas seperti Solitaire dan permainan asah otak lainnya yang masih seru dimainkan hingga sekarang.

Banyaknya game online kekinian membuat aktivitas bermain jadi lebih menyenangkan. Tapi ada kalanya kita merindukan permainan lama, permainan yang tidak memerlukan proses berpikir yang terlalu intens, tapi tetap mengasah krativitas dan ketangkasan.

Hal-hal seperti itu bisa kita dapatkan salah satunya melalui permainan asah otak. Selain santai dan menyenangkan, game asah otak juga memiliki banyak manfaat bagi kita. Terutama dalam hal meningkatkan kemampuan otak serta melatih tubuh agar tetap banyak bergerak.

Manfaat Permainan Asah Otak

Bagi kamu yang ingin memainkan game asah otak, namun masih bingung apa saja manfaat yang bisa didapat, berikut beberapa manfaat bermain game asah otak yang bisa kamu rasakan, yaitu:

  1. Melatih Kerja Otak Kanan

Banyak yang menyebut kalau otak kanan lebih dominan untuk aktivitas yang berkitan dengan kreativitas. Salah satunya dalam bermain game. Itu karena ketika bermain game, secara tidak langsung kita sedang melatih kerja otak kanan. Sebab kita memerlukan strategi yang tepat untuk memenangkan permianan. Ada logika yang bermin ketika kita menyelesaikan tiap misi yang terdapat dalam game.

  1. Mengatasi Rasa Jenuh

Saat terlalu intens menjalani aktivitas harian, kita sangat mudah mengalami kejenuhan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa jenuh tersebut. Misalnya dengan bermin game.

Meski sebuah game diciptakan untuk tujuan bersenang-senang, ketika kita fokus memainkannya, maka kita cenderung menghabiskan lebih banyak waktu luang. Itu kemudian membuat kita mudah melupakan rasa bosan yang dialami.

  1. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Sebagian orang membutuhkan konsentrasi penuh ketika bermain. Apalagi ketika memainkan game yang perlu proses berpikir tinggi, menyelesaikan misi permainan dengan strategi yang tepat. Meski terlihat sederhana, nyatanya permainan asah otak seperti Solitaire juga memerlukan daya konsentrasi tinggi.

Rekomendasi Permainan Asah Otak Terbaik

Meski pilihan permainan asah otak tidak sebanyak genre game lainnya yang sedang populer, kamu tetap bisa menikmati berbagai permainan serupa yang sangat menyenangkan, seperti:

  1. Tripeaks

Perimainan Tripeaks masih termasuk dalam jenis game Solitaire. Game ini disebut lebih mudah jika dibandingkan dengan permainan Solitaire lainnya seperti Pyramid. Saat kartu dibagikan kepada pemain, maka akan terbuka satu kartu dari tumpukan. Setelah itu kita hanya perlu memilih satu kartu lebih besar atau lebih rendah sesuai urutan. Begitu seterusnya hingga semua kartu terbuka.

Game ini bisa dimainkan secara online dan offline. Maka dari itu perolehan skor yang diberikan juga beragam. Mulai dari 100 poin hingga 500 poin. Tergantung sejauh mana kita dapat menyelesaikan perminan tersebut.

  1. Golf

Golf merupakan permainan yang terdiri dari 35 kartu di 7 meja kolom dengan 17 kartu stockpile yang terbungkus rapi sebelum dibuka dari tumpukan. Perminan ini juga jadi game kartu offline terbaru dan satu-satunya dari Solitaire.org yang memiliki versi wildcars.

Asiknya lagi, kamu bisa memilih mode sebelum memulai permainan. Pilihan yang tersedia adalah mode easy dan hard. Ketika bermain, kita akan memilih kartu sesuai urutan (rendah atau lebih tinggi). Untuk menentukan urutan kartu, kita bisa melihat kartu teratas yang terbuka pada tumpukan sebagai acuan.

  1. Pyramid

Pada permainan ini kartu disusun hingga membentuk sebuah piramid. Susunan pertama akan dimulai dari puncak dengan berisikan 1 kartu. Lalu pada baris selanjutnya berisi 2 kartu, begitu seterusnya hingga pada deretan terakhir dengan 7 buah kartu.

Ketika sudah terbentuk, piramida tersebut akan berisi 28 kartu. Lalu, 24 kartu lainnya akan tersedia sebagai cadangan. Saat bermain, kita harus mengeluarkan kartu secara berpasangan dengan jumlah 13. Hingga semua kartu dalam susunan tersebut habis.

  1. Freecell

Game seru lainnya yang bisa dimainkan adalah Freecell. Permainan ini memiliki 4 fondasi di sebelah kanan dan 4 fondasi bebas di sebelah kiri. Dalam setiap pergerakan kartu yang dilakukan, kita akan mendapat nilai 1 poin.

Bagi yang baru pertama kali bermain, akan mendapat 500 poin sebagai modal untuk membersihkan meja. Selain itu, jika tidak setuju atau ingin mengubah kesepakatan di tengah permainan, maka cukup menekan tombol “kesepakatan baru” dan lanjut bermain.

  1. Spider

Game Spider adalah permainan kartu remi royal flush dengan 3 level permainan, mulai dari easy, medium dan hard. Cara memainkannya pun terbilang mudah. Spider akan menampilkan kesepakatan setelah menghitung kartu. Setelah itu, akan dibagikan 5 kartu. 4 kartu diletakkan pada kolom dengan kartu paling atas dalam posisi terbuka.

Nostalgia dengan Permainan Solitaire

Semua permainan yang sudah dijelaskan bisa kamu mainkan melalui solitaire.org. Sebuah situs permainan online yang dapat membuat kita bernostalgia dengan permainan solitaire. Berbagai game yang tersedia juga bisa dipilih sesuai kategori, seperti:

  • Logic Puzzle Games
  • Word Games
  • Mahjong
  • Hidden Object
  • Card Games
  • Match 3 Games

Semua permainan tersebut bisa dimainkan secara gratis melalui perangkat yang kamu gunakan. Namun untuk pengalaman yang lebih baik, kami merekomendasikan untuk mengakses Solitaire.org melalui smartphone.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *