Arek Malang Musti Bangga! Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terenak se-Asia

Rawon Malang
Rawon Malang No.1

Kuliner Malang – Rawon dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia di tahun 2020 versi TasteAtlas. Survei ini didapatkan dari penilaian kritikus restoran profesional dan 63.402 panelis.

Rawon Malang
Rawon Malang

Makanan khas Indonesia kembali menyita perhatian karena rasanya yang lezat. Ini dikarenakan makanan khas Indonesia diolah dengan beragam bumbu dan rempah.

Sebelumnya, rendang jadi makanan terenak di dunia versi CNN. Kali ini giliran rawon yang berhasil dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia di tahun 2020.

Survei ini dilakukan oleh TasteAtlas, seperti dilansir dari akun Instagram @seasia.co (18/2). TasteAtlas sendiri merupakan situs yang membahas kuliner di seluruh dunia.

TasteAtlas menampilkan sekitar 20.000 hidangan, minuman, dan bahan makanan dari seluruh dunia. Ada juga sekitar 15.000 restoran dikumpulkan oleh tim yang berisikan 30 penulis dan peneliti.

Bangga Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terenak se-Asia Versi TasteAtlas
Bangga Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terenak se-Asia Versi TasteAtlas

 

TasteAtlas membuat survei untuk menentukan 12 sup terenak di Asia. Lalu keluarlah rawon di posisi pertama sebagai sup terenak se-Asia.

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang asalnya dari Jawa Timur. Berupa sup daging yang kuahnya berwarna hitam.

Kuah hitamnya ini terbuat dari sejumlah bumbu dan rempah bernamakluwek. Selain potongan daging, rawon disajikan dengan kecambah (tauge pendek), jeruk nipis, kerupuk udang, dan telur asin.

Posisi rawon ini mengalahkan Bulalo yang merupakan sup daging dari Filipina di posisi kedua. Rawon juga berhasil mengalahkan sup khas Malaysia yaitu Penang Laksa dan Asam Laksa di posisi ke-4 dan ke-5.

Sementara di posisi ke-3 ditempati juga oleh Indonesia. Ada Gulai Cincang yang merupakan sup dari Sumatera Barat.

Ternyata tak hanya rawon dan gulai cincang saja yang masuk ke dalam daftar sup terenak se-Asia. Ada juga sayur asem khas Indonesia menempati posisi ke-12.

Rawon dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia setelah melalui proses survei berdasarkan penilaian kritikus restoran profesional. Selain itu, sebanyak 63.402 panelis juga memberikan suaranya.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.