Resep Sayur Bayam Kuah Pedas ala Omela

resep sayur bayam kuah pedas ala Omela
resep sayur bayam kuah pedas ala Omela

Resep sayur bayam kuah pedas ala Omela, untuk #GantiCaraMasak dengan Omela Krimer Kental Manis.

Bosan nggak sih kalau bikin olahan resep sayur bayam hanya dibuat jadi sayur bayam bening aja? Minkul tuh ingin sekali ganti cara masak untuk olahan sayur bayam. Browsing-browsing mesin pencari, sebagian besar masih diolah dengan cara yang sama. 

Ada nggak sih olahan sayur bayam menggunakan santan? Penasaran sih sebenarnya, tapi kalau membuat masakan dengan santan, biasanya Minkul jadi mules-mules gitu sih perutnya. Harus cari ide olahan masakan lainnya nih Sobat Kuliner Malang  ^.^

Sebelum kita bahas lebih lanjut olahan bayam bisa jadi menu apa saja, yuk ketahui lebih dahulu mengenai bayam. 

Tentang Tanaman Bayam

Seperti yang sobat kuliner ketahui, bahwa bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang tentunya sudah sangat populer di Indonesia. Nama lain dari sayur bayam ini yaitu Amaranthus. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia.

Biasanya bayam diolah menjadi menu makanan, seperti pecel, lalapan, hingga aneka tumisan. Sebenarnya nggak hanya daunnya, tapi bagian batang bayam juga enak lho dijadikan campuran aneka tumis sayur lainnya. Bisa juga tanaman bayam jadi salah satu olahan untuk bisnis kuliner, bukan? ^.^

Daerah terbaik untuk menanam bayam ada pada ketinggian kurang dari 1.400 m dpl dengan curah hujan mencapai lebih dari 1.500 mm/tahun. Memerlukan cahaya matahari penuh, suhu udara berkisar antara 17 – 28 derajat celcius dan kelembapan udara diantara 50-60%. 

Kandungan Bayam

Bayam mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Sayuran rendah kalori dan kaya serat ini bisa dijadikan pilihan sayur untuk diet. Nutrisi lain yang terkandung didalamnya, yaitu: Vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin E, Magnesium, Zat Besi, Asam Folat, Kalium, dan Kalsium. 

Nggak hanya itu aja, bayam juga memiliki kandungan antioksidan, seperti zeaxanthin dan lutein. Oleh karena itu mengonsumsi sayur bayam tentunya sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan.

Minkul kasih tahu nih ya, kalau tanaman bayam ini nggak seperti kangkung atau sayuran hijau lainnya. Memasak untuk resep sayur bayam membutuhkan trik tersendiri. Karena bayam mengandung senyawa beracun yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh kita jika diolah dengan cara yang kurang tepat. 

Tips Mencuci dan Mengolah Bayam

Eits, tapi sebelum kita masak-memasak, Minkul mau kasih tahu tips menyimpan makanan yakin kalau ibu-ibu sudah mengetahui cara mencuci bayam dan mengolahnya, bukan? Disini Minkul mau kasih reminder siapa tahu ada yang belum tepat caranya. Hihi

Tips membersihkan bayam, yaitu: 

  • Pilihlah bayam yang masih terlihat segar.
  • Cuci bayam hingga bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel pada daun dan batangnya.
  • Jika kita tidak ingin langsung mengolah bayam, maka simpanlah bayam di dalam wadah yang bersih dan kedap udara. Kemudian letakkan di dalam lemari pendingin agar terjaga kesegarannya.

Sobat Kuliner Malang, ingat ya kalau bayam segar yang belum sempat dicuci bisa bertahan hingga 4 hari lho. Tapi jika dimasukkan ke plastik pembungkus lalu disimpan di dalam kulkas. 

Memasak bayam nggak perlu terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang. Penting banget untuk menghindari memanaskan bayam yang sudah dimasak. Karena dapat mengurangi kandungan gizi didalamnya dan menimbulkan racun. 

Setelah berselancar di internet dan mencari ide resep sayur bayam dan #GantiCaraMasak, Minkul punya olahan istimewa nih. Namanya resep sayur bayam kuah pedas ala Omela. 

Omela Krimer Kental Manis

Ini dia Omela, krimer pengganti santan. Omela krimer memiliki rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan.

Mulai sekarang bisa nih Minkul #GantiCaraMasak dengan Omela Krimer Kental Manis. Karena ada banyak olahan dari Omela untuk masakan. 

Mulai dari sambal goreng kentang udang, resep tahu dan tempe bacem Omela, terong tumis kecap, bakwan jagung udang, dan lainnya. Lebih detail mengenai resep masakan bisa cek aja langsung di website Omela.com ya. 

Minkul juga baru tahu nih kalau kita ingin menjalankan bisnis kuliner, bisa juga menggunakan Omela Krimer Kental Manis. Woww… mantul banget. 

Yuk sekarang Minkul kasih tahu nih resep olahan bayam yang beda dari biasanya. 

Omela Krimer
Omela Krimer

Resep Sayur Bayam Kuah Pedas ala Omela 

Jujur ya, baru kali ini Minkul bikin olahan bayam menggunakan krimer. Gimana ya rasanya? 

Bahan yang diperlukan

Bahan utama

Terdiri dari: 3 ikat bayam, 3 helai daun bayam, 1 buah labu, 1 buah wortel ukuran sedang, 1 buah jagung pipil, 500 ml air, dan 4 sdm (60ml) Omela Krimer Kental Manis. 

Bumbu

Diantaranya: 6 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 buah cabai merah (Minkul pakai cabe rawit), 3 buah kemiri, ½ ruas kunyit, garam, dan lada secukupnya.  

Cara Memasak

  1. Cuci bersih daun bayam, lalu siangi dan sisihkan.
  2. Blender bumbu halus (kalau Minkul di ulek kasar aja) lalu tumis dengan sedikit minyak hingga harum.
  3. Masukan air dan 4 sdm Omela, aduk rata.
  4. Rebus sebentar hingga setengah mendidih lalu masukan labu, wortel dan jagung, aduk hingga ¾ matang.
  5. Masukan bayam kedalam panci lalu aduk kembali hingga semua bahan matang. 
  6. Sajikan Sayur Bayam Kuah Pedas ala Omela selagi hangat.

Itu dia resep sayur bayam kuah pedas ala Omela versi Minkul. Bisa digunakan untuk 4-5 porsi. 

Yeay… akhirnya Minkul bisa eksplore resep baru ala Omela. Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.