√ Cek 10 Kuliner Khas Sumatera Barat

  • Share
10 Kuliner Khas Sumatera Barat
10 Kuliner Khas Sumatera Barat

Kuliner Malang – Hidangan khas Indonesia yang viral di dunia adalah masakan Padang, salah satunya. Sumatera Barat, terkenal dengan masakan rasa rempah yang enak dan lezat di lidah dan mempunyai rasa kuat didalamnya.

Terdapat beberapa masakan yang bisa dicoba, diantaranya ada rendang, sate, nasi kapau, ayam, soto, dan lain sebagainya. Semua menggunakan rasa dalam setiap prosesnya. Jadi tidak kaget yah, bumbu yang disuguhkan juga lengkap sehingga semakin ahli saja anda menjadi perasa.

10 Kuliner Khas Sumatera Barat

Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang berbagai kuliner khas Sumatera Barat, diantaranya:

1. Rendang Paru

Nomor satu dan takkan tergantikan. Masakan rendang ala-ala Sumatera Barat. Rasanya beda rendang Paru yang ada di Jawa dengan di Sumbar langsung. Mungkin karena berkaitan dengan tangan yang mengolah dan keberadaan maupun kelengkapan rempah-rempahnya. Kucinya resep manjur tetua.

2. Sate Padang

Ada apa dengan sate padang?. Ternyata Padang, Sumbar mempunyai sate juga loh. Jadi bukan hanya sate Madura saja (yang terkenal enaknya). Sate ini dominan dengan rasa manisnya. Terdapat aroma yang khas, berupa pemanggangan. Masakan ini menjadi ikon makanan yang ada di Padang.

3. Sate Lokan

Masakan khas ketiga, ada sate Lokan dengan bahan kerang hijau (wow, jarang yah ada kerang hijau di wilayah kita). Jadi, beda dengan bahan sate padang yang menggunakan daging sapi. Perlu dicoba karena beda dengan sate lainnya. Sate ini sering ditemukan di wilayah pesisir selatan maupun Pariaman sendiri.

4. Nasi Kapau

Nasi ini hampir sama seperti nasi padang, hanya beda di cara penyajiannya saja. Lauk pauk dai nasi Kapau pada umumnya langsung dipajang di atas meja. Dari segi rasa, lauk pauk yang ada di nasi ini juga berbeda dengan nasi Padang. Perlu dicoba deh!.

5. Ayam Pop

Ayam ini menjadi salah satu andalan makanan yang ada di restoran Padang. Bahan utamanya berupa ayam kampung, kemudian diberi bumbu terkait dan air kelapa. Bumbunya meliputi bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, jeruk nipis, dan garam.

6. Gulai Paku

Bahan utama dari masakan ini adalah tanaman paku (pakis). Dipilih yang muda dengan jenis seperti bracken, semanggi, dan ostrich fern. Menu ini disajikan dengan tambahan ikan teri, ikan asin jambal, dan udang. Langsung saja coba deh.

7. Gulai Gajebo

Gulai Gajebo mempunyai kuah yang sama seperti kuah gulai lainnya. Kemudian menggunakan berbagai potongan daging berlemak. Gulai ini tidak menggunakan santan dalam pembuatan kuahnya. Jadi bagi anda yang tidak suka masakan kuah kental, ini bisa dicoba.

8. Soto Padang

Soto ini menjadi salah satu masakan yang sudah terkenal di Indonesia, dan hampir semua wilayah sudah menjual masakan itu. Selain rasanya enak, juga ada kental lemaknya. Daging sapi di soto ini digoreng dulu sampai kering kemudian dipotong-potong kecil menjadi dendeng.

9. Nasi Sala

Nasi ini khas wilayah Pariaman (berasal dari wilayah tersebut). Masakan ini terdiri dari nasi dan lauk ikan. Alasan pemilihan ikan sebagai lauk karena wilayah Pariaman dekat dengan pantai dan nantinya masakan ini dibungkus dengan daun pisang (isi nasi ikan kembung dan sambal). Hmm enak.

10. Dendeng Balado

Ada Dendeng Balado nih. Makanan yang sudah dikeringkan ini cukup kuat dan awet sehingga bisa dibawa untuk oleh-oleh di rumah maupun sebagai makanan para anak kos yang kangen akan masakan Sumatera Barat. Kalau mau awet, makan ini saja (persediaan anak kos dan tanggal tua).

Itulah 10 kelezatan kuliner khas yang ada di Sumatera Barat. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :

5 Angsle Terenak di Kota Malang

Kedai Kopi Klodjen Djaja, Warung Kopi Berkualitas

Bebek Bakar Bu Roes, Sanggup Balik Lagi?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *