Konsultan Pemasaran Kuliner – Leverage

  • Share
Leverage
Leverage

LEVERAGE

Malam takbiran, adalah suasana yang syahdu, yang di perantauan bisa nangis mbrebes mili gegara masih belum di kampung halaman saat takbir berkumandang. Tahun ini diwarnai oleh drama penyekatan. Bukannya sehari sebelum lebaran, kalau drama yang Saya jalani, adalah sehari setelah lebaran.

banner 336x280

Idul Fitri jatuh di 13 Mei 2021, nggak tau siapa yang menjegal sehingga dia jatuh, yang jelas pada 14 Mei, di hari Jumat, Saya sudah harus pindah lokasi dari Malang ke Kediri.

Foresthree Kitchen x Tempat Bercakap Kopi Kediri soft opening pada 14 Mei 2021. Opo yo ora edan, sedino setelah lebaran.

Pagi pagi Saya berangkat, biasa naik travel, tapi efek cegatan penyekatan, gak ada yang berani jalan. Duhkah, mobil juga masih perawatan (kisah drama yang lain, akan diceritakan di episode lain), maka berangkatlah naik Vario. Pengalaman baru, lama sekali tidak menempuh perjalanan antar kota naik roda dua. Bismillah sudah, jaket merah, tas merah, motor merah, mata agak merah karena kelilipan 🤭🤭.

Penyekatan di Kandangan? Lewat! Dan momen soft opening FORESTHREE KITCHEN x Tempat Bercakap Kopi Kediri terjadi.

Alhamdulillah, Allah berikan mudah melimpah, pecaaaah!

Sebuah resto di antah berantah, yang gerbang masuknya gak keliatan dan sering kelewat, baru soft opening, trafficnya bikin merinding.

Ownernya, duduk di sebelah Saya sambil senyum senyum setengah khawatir…..

Kursi kuraang! Dari 100 kursi yang disediakan….

Beliau berbisik, Mas, ambroll ini…..
Sampean pakai cara apa?

Gak ada 1 spanduk pun dipasang
Gak ada 1 banner pun dipajang
Gak ada 1 lembar pun brosur dibuang
Gak ada!

Hanya 1 akun Instagram.
Dan strategi yang sistematis, rapi, terpantau, dan low budget.
Khas cara main digital marketing.
Menjaring prospek di dunia maya, mengubahnya jadi orderan di dunia nyata.

Hari pertama, jebol 365 tamu belanja
Hari kedua, ambrol 672 tamu belanja
Hari ketiga ambiyar 836 tamu belanja
Padahal buka jam 12 siang dan tutup jam 10 malam……..

Setelah maghrib di hari ketiga, owner mampir masuk ke ruangan Saya. Ngajak ngobrol, duhkah, padahal kan Saya lagi sibuk TikTok an, heemtalah….

Mas, Saya mampir cuma mau nyampein, Saya seneng banget dan terimakasih banget, sampeyan masuk di last minute, tapi andilnya besar banget dalam kesuksesan 3 hari soft opening ini, Saya akui, Saya pernah pakai jasa 3 agensi marketing yang berbeda beda, dengan aneka tarif, tapi metode yang sampean terapkan benar benar komprehensif, aneh, gak ketebak, dan tanpa banyak bicara, sampean membuktikan. Saya akui, Saya panggil dengan sebutan : Suhu!

Saya bukan memuji atau gimana gimana, tapi, Kita sama sama lihat hasilnya…..

Bahkan Sabtu kemaren, Saya pantau dari CCTV dan laporan teman teman di lapangan, hampir semua owner cafe besar di Kediri, malah datang dan makan di tempat Kita, karena di Sabtu, traffic di cafe cafe besar susut, kesedot, pindah ke Foresthree Kitchen x Tempat Bercakap Kopi Kediri.

Ada laporan juga, dari petugas parkir, pengunjung bahkan dari Berbek Nganjuk, Tulungagung, Pare, bahkan Jombang.

Saya akui : Suhu!

Hadza Min Fadhli Robbi.

Leverage! Allah kasih mudah dan melimpah.

Digital Marketing menurut Saya bukan sebatas konten yang bagus. Ya, itu penting, karena sangat menentukan image dan selera.

Digital Marketing bukan juga sekedar medsos apa dan menggunakan dana iklan berapa. Jujur, kasus Foresthree Kitchen x Tempat Bercakap Kopi Kediri menggunakan nol rupiah dana ads, zero, tanpa anggaran iklan atau ads Instagram.

Apa kunci suksesnya? Konsep, dalam komunikasinya, marketing communication! Mengkomunikasikan apa yang dimuat dalam tujuan marketing.

Saya pun kaget dengan animo dan dampaknya! Reaksi dan guliran beruntunnya!

Manusia sekian banyak, digerakkan, berduyun duyun, membeli, belanja, dan ketika di feedback dengan kuesioner pasca pembelanjaan, skala likert 1-6 didominasi dengan skor 5 dan 6, tanda kepuasan.

Oke, misi terlaksana. Tinggal dilanjut Grand Opening pada 5 Juni, packing dulu, balik ke Malang, kangen memandikan Alibasya dan menyisir rambutnya, meski klimisnya hanya akan bertahan maksimal 7 menit, untuk kemudian mlungker mlungker seolah minta dijambak 😇👍

Salam Pertumbuhan!

Faizal Alfa
PT Fortuna iMARKS Trans

Perusahaan Pemasaran Yang Membanggakan Kota Malang

Ingin diliput oleh kulinermalang.com silahkan email ke adm.kulinermalang@gmail.com!

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *