Membatasi Semesta Pemasaran

  • Share
membatasi pemasaran
membatasi pemasaran

Selama pandemi, ada beberapa pola pemikiran pemasaran yg diperbarui, salah satunya adalah mengenai cakupan, atau semesta pemasaran.

Saya diskusi dg jaringan mitra penjualan, untuk produk baso aci & cuanki, yang tersebar di puluhan Kota di Indonesia.

Tantangan Mitra Penjualan yang tersebar begitu, adalah mengenai batasan area, karena fenomena penjualan secara online, memungkinkan siapapun, dari manapun, menjual pada siapapun, di manapun. Jangankan antar kota, mau antar propinsi, antar pulau, bahkan antar negara pun, dapat terjadi tanpa kendala berarti.

Nah, kalau gitu, gak ada guna dong mitra penjualan ada tersebar dimana-mana?

Justru sebaliknya…..

Bagi produk & perusahaan, memiliki titik distribusi sebagai ujung perpindahan produk dari produsen ke konsumen, melalui tangan mitra penjualan, menjadi penting.

Perpindahan itu musti dekat, sehingga cepat & ongkosnya rendah/ kecil.

Makanya Saya sampaikan ke Tim Mitra Penjualan, kalau mau kuat, area cakupannya musti dekat. Kalau cuma nyari omzet belasan/ puluhan juta/ bulan, Saya bilang, area cakupan sekecamatan aja cukup.

Gak percaya? Kok bisa?

Dikutip dari unggahan akun instagram @alfafaizal

Anggap produk seratus ribuan, sehari yang beli 10, dah ketemu 1 juta. Sebulan kan ketemunya 30 juta. Itu pun hanya perlu 300 konsumen yang masing-masing beli 1 x dalam sebulan. Enteng, cuma perlu 300 orang.

Sekecamatan? Malah berlebihan sebenarnya, karena contoh di Kota Malang, Saya tinggal di Kecamatan Lowokwaru, yang di data BPS 2020, jumlah penduduknya sekitar 200.000 orang.

Nyari 300 konsumen, itu cuman 0,15% nya, kecil banget & sangat memungkinkan terpenuhi dari semesta kecamatan yang ditentukan. Apalagi ini cuma jualan baso aci dan cuanki. Bukan supercar atau perhiasan mewah langka.

Batasi semesta pemasaran, sesuaikan dengan target yang ditentukan, maka dampaknya akan dapat sangat fokus dan intens, tepat upaya, tepat hasil, gak lebay, anti halu.

Maunya dapat penghasilan tambahan, bukan pekerjaan dan kerepotan tambahan. Fokus, hasil maknyus!

Salam Pertumbuhan!

Tulisan Dari Faizal Alfa
PT Fortuna iMARKS Trans

Perusahaan Pemasaran Yang Membanggakan Kota Malang

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *