Nasi Biryani, Makanan Khas Timur Tengah yang Dimasak dengan Rempah-Rempah

  • Share
Nasi Biryani Makanan Khas Timur Tengah
Nasi Biryani Makanan Khas Timur Tengah

Di daerah Timur Tengah, ada sebuah menu yang sangat dikenal dan mendunia. Nasi Biryani namanya, disebut juga nasi biriani, beriani atau briyani. Menu ini adalah hidangan nasi yang dibuat dari beras basmati. Untuk membuat nasi biryani, beras basmati di masak bersama rempah-rempah dan di beri campuran sayuran dan daging. Sedangkan untuk dagingnya bisa menggunakan ayam, kambing, udang, ikan dan sapi.

Nasi Biryani, Makanan Khas Timur Tengah

Menurut wikipedia, makanan ini berasal dari asia selatan tepatnya daerah Pakistan dan India. Di Malaysia dan Indonesia, menu hidangan ini ditambah dengan penyebutan nasi. Sehingga menjadi nasi biryani, nasi briyani, nasi briani atau nasi beriani. Biryani sendiri berasal dari bahasa persia yang memiliki makna goreng atau panggang.

Dahulu kala, beras digoreng di dalam minyak samin sebelum direbus di dalam air bersama rempah-rempah hingga setengah matang.

Di panci terpisah Biryani dibuat dari beras yang sudah direbus. Setelah beras setengah matang, maka di campur dengan kaldu berbumbu rempah, ditutup rapat di dalam panci, dan dimasak hingga matang sehingga kaldu menyerap ke dalam nasi. Ada menu hidangan yang agak mirip dengan biryani namun berbeda teknik memasaknya yaitu Pullao (pilaf) atau dikenal sebagai nasi bumbu.

Kalau memasak Pullao, beras digoreng bersama rempah-rempah di dalam minyak samin, dan langsung dimasak hingga matang.

Pelancong dan pedagang dari Bangsa Persia memperkenalkan cara memasak biryani kepada orang India dan Pakistan. Hidangan ini tidak hanya populer di India dan Pakistan, melainkan juga di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh, dan kalangan penduduk muslim Sri Lanka.

Musafir dan pedagang dari persia adalah yang berjasa memperkenalkan cara memasak nasi biryani kepada orang india dan pakistan. Hidangan ini sangat populer di timur tengah, mulai dari india, pakistan, irak, iran, afganistan, bangladesh dan kalangan penduduk muslim sri lanka.

Membuat Nasi Biryani di Rumah

Saat ini untuk membuat Nasi Biryani di rumah sudah sangat mudah sekali, berikut adalah bahan-bahan untuk membuat nasi biryani. 

Bahan Nasi Biryani

500 gr Daging Kambing.

1-2 sdm minyak samin.

1 bawang bombay ukuran sedang.

1 tomat(dipotong kecil).

30 mL yogurt.

1 sdt garam.

1 sdm Bumbu Biryani Cairo Food.

15 gram mangga kering.

1 cabe hijau sedang.

1/2 sdm daun ketumbar segar.

1/4 sdm daun mint segar

1 gram saffron (Opsional)

500 gram beras basmati

900 mililiter air

20 mL air hangat

 

Cara Memasak

Cuci dan rendam beras basmati selama 20 menit.

Masak beras dengan 900 mililiter air hingga hampir matang(sekitar 85% tingkat kematangan), lalu tiriskan dari sisa airnya.

Pada panci yang berbeda tumis bawang bombay dengan minyak hingga berubah warna menjadi coklat.

Masukkan Bumbu Biryani Cairo Food, garam, yogurt, tomat, cabe hijau, lalu tumis sebentar.

Masukkan daging kambing.

Masak hingga matang dan tambahkan air sedikit jika dibutuhkan.

Masukkan daun ketumbar dan daun mint.

Siapkan gelas berisi air hangat dan masukkan saffron kedalamnya selama 5 menit(Opsional).

Masukkan nasi kedalam panci yang berisi daging yang sudah matang.

Beri percikan taburan air rendaman saffron diatas tumpukan nasi(Opsional).

Masukkan dalah oven selama 20 menit pada suhu 175°C selama 20 menit.

Penutup 

Disini saya menggunakan bumbu nasi biryani dari cairo food, tentu dengan bumbu instan ini kita bisa dengan mudah membuat nasi biryani enak. Bumbu ini terbuat dari 100% rempah alami, bukan kimia atau perisa, juga bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami.

Bumbu Biryani dari Cairo Food dipakai & dipercaya sebagai standar oleh para restoran, hotel dan catering. Bumbu Biryani ini bisa dibeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia & Shopee atau di website resmi (https://cairofood.id) atau juga bisa via whatsapp ke 081218222610.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *