5 Langkah Pemasaran Online untuk Bisnis Kuliner

  • Share
5 Langkah Pemasaran Online untuk Bisnis Kuliner
5 Langkah Pemasaran Online untuk Bisnis Kuliner

Kuliner Malang – Marketing atau pemasaran merupakan hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik usaha. Dalam situasi pandemi saat ini, pemasaran melalui media online mulai banyak dilirik sebagai solusi oleh banyak pemilik usaha. Baik skala korporasi maupun umkm. Tidak luput juga oleh pemilik usaha di bidang kuliner. Saat ini sudah umum jika kita temui produk kuliner seperti mie, soto, bakso dan frozen food hingga minuman kekinian bisa dipasarkan melalui media online.

Bagaimana 5 Langkah Pemasaran Online untuk Bisnis Kuliner?

Simak yuk!

1. Gunakan Media Sosial Sebagai Sarana untuk dikenal oleh calon customer

Media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter banyak digunakan pelaku usaha untuk kenal lebih dekat dengan target marketnya. Tidak dipungkiri, aplikasi chatting seperti Whatsapp juga dilirik untuk mengenalkan produk ke relasi terdekat. Kamu bisa mengunggah kegiatan selama proses produksi, testimoni pelanggan atau kenikmatan produk.

2. Berikan Pilihan Cara Pemesanan

Berikan kemudahan customer untuk melakukan pembelian dine in maupun take away. Jika dulu ingin memesan Ayam Goreng harus datang ke lokasi, permudah pembeli untuk memesan produk kuliner milikmu. Bisa melalui layanan kurir online seperti Go Food, Grab Food, Shopee Food maupun platform lokal. Pemesanan bisa dilayani melalui telepon, chat atau website mandiri jika memungkinkan. Kemudahan cara pemesanan mampu memberikan service maksimal kepada calon pembeli untuk segera menikmati lezatnya produkmu.

3. Multiple Payment Gateway

Saat ini pembayaran tidak hanya melalui tunai saja. Beragam pilihan pembayaran seperti transfer bank dan e-wallet menarik untuk digunakan. Pilih bank dan e-wallet yang banyak digunakan oleh pelanggan. Hal ini membuat pelanggan dan calon pembeli mudah melakukan pembayaran tanpa menunda atau bahkan membatalkan pesanan.

4. Viralkan dengan Media Online, Influencer, dan Food Blogger

Dunia online memudahkan penyebaran informasi sehingga kamu bisa dengan mudah mengenalkan produk-mu. Media online, influencer, dan food blogger memiliki pengikut/followers yang berminat pada makanan. Gunakan media online untuk memberikan eksposure tentang informasi produk, testimoni dan review positif. Tentunya content marketing yang di-posting melalui media online akan menarik calon pelanggan untuk membeli produk kuliner milikmu.

5. Customer Relations yang maksimal

Berkomunikasi dengan pelanggan yang melakukan berulang order memang menyenangkan. Apalagi jika kita mendapatkan customer yang beli sering, beli banyak dan ajak-ajak (Faizal Alfa). Perhatikan pula komunikasi kepada calon pembeli karena mereka adalah calon pelanggan yang bisa merekomendasikan produk-mu ke relasinya. Bangun citra yang baik di mata pelanggan juga calon pembeli.

5 Langkah Pemasaran Online untuk Bisnis Kuliner tetap harus memiliki Inovasi. Kamu bisa memulai inovasi dengan membuat beberapa pilihan menu, kemasan menarik, hingga foto produk yang menggiurkan.

Pendekatan melalui Promo terbatas juga bisa menjadi magnet yang cukup kuat bagi calon pembeli. Kamu bisa membuat promo seperti gratis ongkos kirim, potongan harga, atau menyelenggarakan event berhadiah. Pastikan promo yang kita buat bisa menyasar ke target market yang tepat dan menghasilkan sales terbaik dengan efektif

Memiliki bisnis di bidang kuliner tentu memiliki tantangan tersendiri. Teruslah belajar dan praktekkan ilmu yang diperoleh karena sebanyak-banyaknya ilmu yang kamu peroleh akan sia-sia ketika tidak digunakan dengan baik.

Baca Juga :

Konsultan Pemasaran Kuliner – Pertumbuhan Data Konsumen

Belum Daftar Merek Bikin Remek

Pondasi Kuliner Online Rumahan

Ingin usaha anda di bantu promokan melalui media online Kuliner Malang? Atau ingin usaha anda di review oleh content creator (liputan media, blogger, vlogger, influencer dan IG akun publik kuliner). Silahkan berikan komentar dibawah, nanti admin kita akan menghubungi via email.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *